Yuk, Isi Kuesioner Evaluasi Pembelajaran!
Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023
Klik di sini untuk kembali ke halaman awal
Form EDOM Pembelajaran Genap 22/23
IDENTITAS
PROGRAM STUDI
*
KELAS/SEMESTER
*
NIM
*
PILIH DOSEN PENGAMPU/MATA KULIAH
NAMA DOSEN PENGAMPU
*
NAMA MATA KULIAH
*
ISIAN KUESIONER
Dosen membuat dokumen Rencana Perkuliahan Semester (RPS) dan membagikan serta menjelaskannya kepada mahasiswa di awal perkuliahan.
*
Sesuai
Kurang Sesuai
Tidak Sesuai
Dosen membuat kontrak kuliah dengan mahasiswa yang berisi aturan main (tata tertib) perkuliahan di awal semester
*
Sesuai
Kurang Sesuai
Tidak Sesuai
Dokumen Rencana Perkuliahan Semester (RPS) dosen yang bersangkutan telah memuat komponen Nama Jurusan, Nama matakuliah, kode mata kuliah, Semester dan SKS, Nama dosen pengampu, Bahan kajian, Learning outcome, Kemampuan akhir, Metode pembelajara, Waktu yang disediakan, tugas yang harus dikerjakan, Kriteria, indikator, dan bobot penilaian dan Daftar referensi
*
Sesuai
Kurang Sesuai
Tidak Sesuai
Dosen mengajar sesuai dengan RPS dan kontrak kuliah yang telah dibuat
*
Sesuai
Kurang Sesuai
Tidak Sesuai
Dosen mengisi absen kehadiran mahasiswa pada setiap pertemuan
*
Sesuai
Kurang Sesuai
Tidak Sesuai
Dosen memberikan penjelasan yang memadai untuk setiap persoalan yang didiskusikan mahasiswa di kelas
*
Sesuai
Kurang Sesuai
Tidak Sesuai
Dosen mengutamakan proses interaksi dua arah antara mahasiswa dan dosen
*
Sesuai
Kurang Sesuai
Tidak Sesuai
Dosen mengajak mahasiswa untuk berfikir komprehensif dan luas sesuai dengan konteks bahan kajian (materi)
*
Sesuai
Kurang Sesuai
Tidak Sesuai
Proses pembelajaran dilakukan dengan mengaitkan/menggabungkan materi ajar dengan disiplin ilmu lain yang sejalan untuk memenuhi capaian pembelajaran
*
Sesuai
Kurang Sesuai
Tidak Sesuai
Proses pembelajaran mengutamakan pendekatan ilmiah sehingga tercipta lingkungan akademik yang berdasarkan kaidah ilmu pengetahuan
*
Sesuai
Kurang Sesuai
Tidak Sesuai
Proses pembelajaran sejalan dengan tuntutan kemampuan menyelesaikan masalah dalam bidang keahliannya
*
Sesuai
Kurang Sesuai
Tidak Sesuai
Pembelajaran disesuaikan dengan karakteristik keilmuan program studi dan dikaitkan dengan kasus nyata
*
Sesuai
Kurang Sesuai
Tidak Sesuai
Dosen mementingkan pemahaman/penghayatan materi kepada mahasiswa dalam rentang waktu optimal selama proses pembelajaran
*
Sesuai
Kurang Sesuai
Tidak Sesuai
Proses pembelajaran bersama dilakukan dengan melibatkan interaksi antar mahasiswa untuk menghasilkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan
*
Sesuai
Kurang Sesuai
Tidak Sesuai
Proses pembelajaran mengutamakan pengembangan kreativitas/kemandirian mahasiswa dalam mencari dan menemukan pengetahuan
*
Sesuai
Kurang Sesuai
Tidak Sesuai
Dosen mengalokasikan waktu pembelajaran sesuai dengan bobot sks pada mata kuliah, yaitu: 1 SKS =70 menit, yang terdiri dari 50 menit tatap muka dan 20 menit tugas mandiri/kelompok
*
Sesuai
Kurang Sesuai
Tidak Sesuai
Dosen konsisten mematuhi Jumlah tatap muka dalam satu semester minimal 14 kali diluar MID dan UAS sesuai dengan RPS
*
Sesuai
Kurang Sesuai
Tidak Sesuai
Metode evaluasi pembelajaran yang digunakan dosen dapat merangsang mahasiswa agar belajar menjadi lebih giat
*
Sesuai
Kurang Sesuai
Tidak Sesuai
Dosen menerapkan prinsip penilaian yang berorientasi pada proses belajar yang berkesinambungan dan hasil belajar yang mencerminkan kemampuan mahasiswa pada saat proses pembelajaran berlangsung
*
Sesuai
Kurang Sesuai
Tidak Sesuai
Dosen melakukan penilaian didasarkan pada standar yang disepakati antara dosen dan mahasiswa dalam RPS/Kontrak kuliah serta bebas dari pengaruh subjektivitas
*
Sesuai
Kurang Sesuai
Tidak Sesuai
Penilaian yang dilaksanakan dosen berdasarkan prosedur dan kriteria yang jelas, disepakati pada awal kuliah, dan dipahami oleh mahasiswa
*
Sesuai
Kurang Sesuai
Tidak Sesuai
Hasil penilaian pembelajaran dapat diakses oleh mahasiswa, dosen, pihak akademik dan pihak lain yang berkepentingan
*
Sesuai
Kurang Sesuai
Tidak Sesuai
Hasil akhir penilaian dan evaluasi pembelajaran yang dilakukan dosen merupakan gabungan antara berbagai teknik dan instrumen penilaian yang digunakan
*
Sesuai
Kurang Sesuai
Tidak Sesuai
Dosen memberikan kesempatan untuk mempertanyakan hasil penilaian dan memberikan umpan balik terhadap nilai yang diberikan kepada mahasiswa
*
Sesuai
Kurang Sesuai
Tidak Sesuai
Dosen mendokumentasikan penilaian proses dan hasil belajar mahasiswa secara akuntabel dan transparan
*
Sesuai
Kurang Sesuai
Tidak Sesuai
Dosen menerapkan metode evaluasi pembelajaran sesuai RPS dan Kontrak Kuliah yang disampaikan di awal perkuliahan
*
Sesuai
Kurang Sesuai
Tidak Sesuai
Pengumuman/Pelaporan nilai mahasiwa dilakukan tepat waktu sesuai jadwal yang ditetapkan
*
Sesuai
Kurang Sesuai
Tidak Sesuai
Nilai mahasiswa diumumkan kepada mahasiswa setelah satu tahap pembelajaran selesai dilaksanakan (pada akhir semester)
*
Sesuai
Kurang Sesuai
Tidak Sesuai
Apa kata mahasiswa?
Mohon mencetak dan atau mensosialisasikan RPS dan kontrak kuliah
Mohon berikan penjelasan yang memadai terhadap setiap persoalan yang didiskusikan di kelas
Mohon tepat waktu dalam memulai dan mengakhiri perkuliahan
Perlu memaksimalkan penggunaan media dalam pembelajaran
Mohon tidak terlalu cepat dalam menyampaikan materi
Hendaknya melaksanakan perkuliahan sesuai jadwal yang telah ditentukan
Jangan suka marah-marah di kelas
Sebaiknya tidak merokok di kelas
Sebaiknya tidak duduk di atas meja
Sebaiknya jangan sibuk dengan HP di kelas karena mengurangi konsentrasi
Sudah bagus, mohon lanjutkan dan pertahankan
If you are human, leave this field blank.
Submit