Pontianak (febi.iainptk.ac.id) 23/08/2024 – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Pontianak menggelar Rapat Koordinasi Tata Usaha pada Jumat, 23 Agustus 2024, guna membahas persiapan penyambutan mahasiswa baru dalam kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK). Acara PBAK tersebut dijadwalkan berlangsung pada 2 hingga 4 September 2024 di IAIN Pontianak, di mana para mahasiswa baru akan menginap di kampus selama tiga hari.
Kepala Bagian Tata Usaha FEBI, Mulyadi, M.Pd., dalam rapat tersebut menyampaikan beberapa poin penting terkait persiapan PBAK. Pertama, jumlah mahasiswa baru di FEBI diperkirakan mencapai 450 orang. Kedua, institut hanya dapat mengakomodasi beberapa orang sebagai panitia yang akan ditetapkan melalui Surat Keputusan (SK), walaupun demikian seluruh tenaga kependidikan FEBI diharapkan dapat bersama-sama menyambut mahasiswa baru.
Mulyadi juga menekankan pentingnya persiapan sarana dan prasarana. “Penginapan antara mahasiswa dan mahasiswi harus dipisahkan dengan baik, kebersihan toilet harus selalu dijaga. Tong sampah yang tidak diperlukan sebaiknya dirapikan, dan cukup disediakan di beberapa titik strategis agar lingkungan tetap rapi,” ujarnya. Selain itu, beliau juga menghimbau kepada bagian kebersihan selalu koordinasi dengan Sub. Koordinator Bagian AUK FEBI Ulya, S.Ag, memastikan peralatan dan perlengkapan kebersihan tidak ada yang kurang ataupun rusak, serta meminta seluruh tenaga kependidikan FEBI untuk hadir dalam sosialisasi teknis layanan fakultas yang akan diadakan pada hari kedua PBAK, yaitu Selasa, 3 September 2024.
Dalam rapat tersebut, Tim BMN dan Kebersihan, yakni Eka Wahyudi, S.HI., dan Angga, juga menyampaikan beberapa hal terkait kebersihan di lingkungan FEBI. Mereka menekankan pentingnya ketersediaan tong sampah besar yang akan digunakan oleh mahasiswa selama mereka bermukim di kampus, serta sosialisasi kebersihan kepada mahasiswa baru untuk menjaga kebersihan bersama selama PBAK berlangsung.
Yudo, salah satu tenaga kependidikan menambahkan bahwa perlu dibuat jadwal piket untuk pengisian air di toilet agar ketersediaan air selalu terjaga. Selain itu, ia juga mengusulkan penataan lahan parkir agar kendaraan pegawai dan mahasiswa tidak bercampur, sehingga memudahkan tendik mengeluarkan kendaraannya ketika ada kegiatan seperti mengirim surat atau melakukan kegiatan lainnya.
Tak hanya sarana dan prasarana, Sub Koordinator Akademik dan Kemahasiswaan FEBI, Nur’abidah, S.Pd.I juga menambahkan pentingnya sosialisasi layanan kepada mahasiswa baru. “Mahasiswa baru perlu memahami teknis layanan di FEBI, seperti penggunaan Sistem Informasi Akademik (SISKA), Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI), pengajuan tugas akhir dan informasi mengenai fitur-fitur yang terdapat di dalam web FEBI,” tuturnya. Sosialisasi ini diharapkan dapat membantu mahasiswa baru dalam memahami berbagai layanan yang ada di FEBI baik yang bersifat layanan terpadu maupun online, sehingga mereka dapat beradaptasi dengan baik selama menjalani masa perkuliahan.
Rapat ini diakhiri dengan komitmen bersama untuk menyukseskan PBAK 2024 dan memastikan bahwa segala persiapan berjalan dengan lancar demi kenyamanan dan kesuksesan mahasiswa baru FEBI.
Penulis: Erika