Pandangan Dekan FEBI IAIN Pontianak Terhadap Peran Perguruan Tinggi dalam Transformasi Ekosistem Bisnis Haji

Tak Berkategori

Pontianak (febi.iainptk.ac.id) Dr. Samsul Hidayat, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Pontianak, memberikan pandangan yang mendalam tentang transformasi ekosistem bisnis Haji.

Dr. Samsul Hidayat menyoroti berbagai aspek yang berkontribusi terhadap penyelenggaraan ibadah haji yang efisien dan berkualitas. Berbagai pihak yang terlibat dalam ekosistem ini termasuk pemerintah, lembaga keuangan syariah, perusahaan logistik, dan penyedia layanan perjalanan haji dan umrah.

Dalam pandangannya, Dr. Samsul Hidayat menegaskan bahwa bisnis Haji telah mengalami perubahan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir, terutama dengan adopsi teknologi yang semakin masif. “Teknologi telah membuka peluang baru dalam menyediakan layanan yang lebih efisien dan berkualitas bagi jutaan jamaah yang melakukan ibadah Haji setiap tahunnya”. Ujarnya.

Selain itu, Dr. Samsul Hidayat juga membahas tentang Peran Perguruan tinggi, khususnya yang memiliki program studi ekonomi, akuntansi, manajemen, dan keuangan syariah, memainkan peran penting dalam mendukung pengembangan ekosistem bisnis haji melalui beberapa cara seperti Pendidikan dan Pelatihan, Riset dan Pengemabangan, Kolaborasi dan Sinergi serta Inkubator Bisnis dan Start-up.

“Perguruan tinggi dapat menyediakan pendidikan dan pelatihan bagi mahasiswa dalam bidang ekonomi dan keuangan syariah, sehingga mereka siap berkontribusi dalam industri haji. Pengetahuan dan keterampilan yang mereka peroleh sangat penting untuk inovasi dan efisiensi dalam pengelolaan dana haji serta layanan terkait” Papar Dr. Samsul Hidayat.

Penulis: Erika SM
Editor : M. Holil