Dekan FEBI IAIN Pontianak Lakukan PKM Berbasis Riset

Kegiatan Dosen Kegiatan Pimpinan

Dekan fakultas ekonomi dan bisnis Islam IAIN Pontianak Dr. Samsul Hidayat, MA melakukan pengabdian kepada masyarakat berbasis riset di BKMT Tayan Hilir Kalbar Minggu, 29/10/2023.

Kegiatan pengabdian berbasis riset dalam bentuk ceramah dan diskusi keagamaan terkait literasi Al-Qur’an kepada belasan kelompok BKMT se kecamatan Tayan Hilir yang dihadiri oleh ratusan jamaah ibu-ibu.

Ketua BKMT Tayan Hilir ibu Sri Giarti, S.Ag yang merupakan alumni IAIN Pontianak mengucapkan terimakasih atas kesediaan penceramah sudah jauh-jauh hadir pada kegiatan taklim Akbar yang dilaksanakan di Surau Nurul Hidayah di dekat area Kraton Tayan tersebut

Pada kajian tersebut, Dr. Samsul Hidayat, MA menekankan pentingnya hidup dalam lindungan Al-Qur’an melalui mengkajian dan pengamalan Al-Qur’an dalam menunjang kehidupan yang berkualitas dan fungsional.

“Menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup akan menghadirkan ketenangan dan kebahagiaan hidup” ujar dekan. “Hal ini karena Al-Qur’an sebenarnya kitab yang menuntun manusia agar dapat raih hidup dalam keselamatan, rahmat dan berkah Tuhan.” Ujar alumni S3 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini

Mengingat besarnya peran dan pengaruh Al-Qur’an dalam menopang kualitas hidup, maka umat Islam diharapkan sungguh-sungguh mempelajari Al-Qur’an, dimulai dari bacaan yang benar.

Dosen IAIN Pontianak ini lalu memaparkan temuan ilmiahnya yaitu metode cepat baca Alquran, Quantum Hijaiyah sebagai teknik revolusioner dalam percepatan kompetensi baca Alquran.

Melalui metode Quantum Hijaiyah ini masyarakat yang masih lemah baca Alquran nya akan segera teratasi. “Hanya butuh waktu 19 jam untuk membuat murid bisa baca Al-Qur’an” pungkas dekan.

Editor : Humas FEBI