SIAP WADAHI MINAT MAHASISWA, HMPS SE- FEBI ADAKAN PELATIHAN JURNALISTIK & DESAIN GRAFIS

Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Akuntansi Syariah (AKS), HMPS Ekonomi Syariah (ES), HMPS Manajemen Bisnis Syariah (MBS), dan HMPS Perbankan Syariah (PBS) adakan Pelatihan Jurnalistik dan Desain Grafis dengan di hadiri sebanyak 47 peserta beserta panitia di CW Coffee Jl.Hijaz, Pontianak Selatan, Minggu (10/10/21). Agenda ini merupakan kegiatan yang dirancang oleh HMPS se-FEBI.

Adapun yang melatarbelakangi pelatihan ini ialah karna pengurus HMPS melihat peningkatan jumlah mahasiswa baru dilingkungan FEBI yang perlu diberdayakan maka dari itu, diharapkan adanya pelatihan ini dapat membangun jiwa kreativitas mahasiswa agar mampu berkompetensi dalam bidang menulis dan seni desain grafis. Disamping itu, sadar akan banyak bertaburannya berita hoax. Mahasiswa sebagai pihak yang mengonsumsi diharapkan dapat mensaring sebelum men- sharing  agar tidak mudah terprovokasi.

Dimoderatori Dewi Anggraini pengurus HMPS AKS, pelatihan ini berjalan dengan lancar dimana pelaksanaanya dimulai tepat pada pukul 10.00 WIB dengan diawali pemaparan materi dasar jurnalistik.

 “Materi jurnalistik ini dapat menjadi bekal para peserta untuk menggali bakat menulis mereka sehingga mampu menginformasikan sebuah berita dalam suatu media, baik cetak, online, elektronik, tulisan, audio, gambar, atau medsos,” ujar  Fitriani Purbowati  Ningsih Ketua Umum  Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Warta IAIN Pontianak.

Usai pelatihan jurnalistik agenda selanjutnya di susul dengan pelatihan desain  grafis oleh Tio Rizki Kurniawan seorang Design Creator sejak tahun 2011. Ia menjelaskan bahwa untuk menjadi seorang desain grafis harus ada jiwa imajinasi dan kreatif, “dua prinsip  itulah  yang harus ada di jiwa orang desain grafis,” jelasnya. Di samping itu ia juga mengajak  seluruh peserta  untuk mendesain pamflet dengan menggunakan software adobe photoshop. Seluruh pengurus HMPS se-FEBI pun ikut membantu para peserta yang mengalami kebingungan dalam tata cara pengaplikasiannya.

Pelatihan ditutup dengan pemberian plakat dari HMPS se-FEBI yang diwakili oleh Amiruddin Ketua Umum HMPS AKS dan Olif Gunawan Ketua Umum HMPS MBS kepada dua pemateri Pelatihan Jurnalistik dan Desain Grafis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *