HMPS Akuntansi Syariah Adakan Sosialisasi Siakad dan Pelatihan Microsoft Word bagi Mahasiswa Baru

Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Akuntansi Syariah (AKS) mengadakan kegiatan Bincang Santai Bawa Inspirasi (BASA BASI) mengenai sosialisasi penggunaan Siakad dan pelatihan Microsoft Word bagi mahasiswa baru, terkhusus mahasiwa baru program studi Akuntansi Syariah. Kegiatan tersebut diadakan pada Kamis, 23 September 2021, bertempat di Aula Rektorat Lantai 4 IAIN Pontianak.

Sistem Informasi Akademik yang kemudian disingkat menjadi Siakad merupakan sistem pengelolaan data berbasis web yang digunakan di perguruan tinggi, termasuk di IAIN Pontianak. Siakad memuat berbagai informasi akademik dan segala transaksi selama perkuliahaan. Oleh sebab itu, kegiatan diadakannya sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai administrasi dan tata cara mengelola informasi-informasi penting semisal  mengetahui data perkuliahaan berupa jadwal, transkip nilai, informasi pembayaran uang kuliah tunggal (UKT), KHS dan informasi akademik lainnya.

Sementara pelatihan Microsoft Word sendiri bertujuan untuk memperkenalkan aplikasi tersebut beserta fitur-fitur yang ada didalamnya. Seperti diketahui aplikasi tersebut banyak digunakan oleh mahasiswa dalam sebagian besar aktifitas perkuliahan seperti pengerjaan tugas kuliah, penyusunan makalah, bahkan penyusunan tugas akhir skripsi. Oleh sebab itu, di rasa perlu untuk mengenalkannya keapada mahasiswa baru.

Adapun jalannya kegiatan BASA BASI ini dibuka dan dipandu oleh moderator, Putri Juniarti Muzayyinah, selaku anggota bidang kesehatan mahasiswa (KESMA) HMPS AKS. Kegiatan BASA BASI dibagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama pemaparan tentang siakad disampaikan oleh Alhamid selaku Kabid Ifokom. Sementara sesi kedua terkait pelatihan penggunaan aplikasi Microsoft Word dan format penyusunan makalah disampaikan oleh Amiruddin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *