HMPS Ekonomi Syariah Adakan Sosialisasi Penggunaan Siakad dan Pelatihan Penulisan Makalah bagi Mahasiswa Baru

Pontianak – febi.iainptk.ac.id Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS)  Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak mengadakan sosialisasi siakad dan pelatihan penulisan makalah pada Selasa, 21 September 2021 di aula Syaikh Abdul Rani.

Pada kegiatan ini, HMPS Ekonomi Syariah mengundang mahasiswa baru dalam rangka memperkenalkan tata cara penggunaan akun siakad dan tata cara penulisan makalah. Hal ini dilakukan bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa baru memulai perkuliahan serta memperkenalkan mereka dengan iklim akademis di IAIN Pontianak.

Menariknya meski kegiatan ini semula ditujukan bagi mahasiswa baru Program Studi Ekonomi Syariah, tetapi antusiasme mahasiswa baru program studi lain rupanya juga tidak kalah besarnya dan turut hadir meramaikan kegiatan tersebut.

Rangkaian pelaksanaan kegiatan dibagi menjadi dua sesi dengan masing-masing pengisi materi yang berbeda. Pada sesi pertama, materi sosialisasi penggunaan akun siakad disampaikan oleh Ketua Umum HMPS Ekonomi Syariah, Fahrul Nazmi Pratama. Mahasiswa baru diajarkan tentang hal-hal yang berkenaan dengan akun siakad, semisal cara pengisian KRS, pembayaran UKT, pengisian biodata diri di siakad, dan lainnya.

Sementara pada sesi kedua, pelatihan penulisan makalah dipandu oleh Nilam Andrianti, Domisioner HMPS Ekonomi Syariah. Pada sesi ini, Nilam mengajak mahasiswa baru untuk berlatih dan praktik langsung menulis makalah.

Kegiatan ini sendiri berlangsung pada pukul 09.00 wib hingga pukul 12.00 wib. Kegiatan berlangsung kondusif. Pun demikian, mahasiswa dapat memahami dengan baik materi yang disampaikan. Terakhir, kegiatan sosialisasi siakad dan pelatihan penulisan makalah ditutup dengan sesi foto bersama pengurus HMPS Ekonomi Syariah dan mahasiswa baru.

Adapun pelaksanaan kegiatan ini sendiri tetap mematuhi protokol kesehatan mengingat kondisi pandemi Covid-19. Peserta diwajibkan untuk mengenakan masker dan mencuci tangan sebelum memasuki ruang pelaksanaan kegiatan.

Reporter : Fikri Maulana
Editor: MB

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *