BI – FEBI IAIN Pontianak Gelar Pelatihan Penyusunan Pembukuan Unit Usaha di Pesantren Darussalam Sengkubang

Pontianak – febi.iainptk.ac.id Bank Indonesia (BI) bersama Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak meggelar Pelatihan Penyusunan Pembukuan Unit Usaha di Pondok Pesantren Darussalam Sengkubang. Kegiatan tersebut berlangsung pada Jumat (03/09) pukul 09.00 – 15.30 WIB. Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Ustadz Gustiansyah selaku Ketua Yayasan Pondok Pesantren Darussalam Sengkubang. Ustadz Gustiansyah berterima kasih kepada BI dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang telah bekerjasama menyelenggarakan pelatihan penyusunan pembukuan.

Sambutan juga disampaikan oleh perwakilan Bank Indonesia, Malinda Merrys. Dalam sambutannya Malinda menyampaikan bahwa usaha berbisnis syariah sedang digalakkan oleh pemerintah belakangan ini. Oleh sebab itu, BI berkomitmen dengan memberikan cash register yang paling mutakhir demi berkembangnya Syirkah (toko) di pondok pesantren tersebut. Dalam hal ini BI menggandeng serta dua dosen Akuntansi Syariah yaitu Dini Lestary, M.Ak dan Wulan Wahyu Ningrum, M.Ak.

Dalam kesempatan tersebut, Dini Lestary, M.Ak menjelaskan mengenai Standar Akuntansi Toko Pondok Pesantren. Materi ini penting disampaikan agar para pengurus toko di pesantren mengenal akuntansi dan mengetahui aturan baku yang berlaku bagi pondok pesantren. Dini juga memaparkan mengenai logika akuntansi dan siklus akuntansi agar terbangun mindset bahwa mempelajari akuntansi tidaklah sulit.

Adapun sesi berikutnya, materi disampaikan oleh Wulan Wahyu Ningrum, M.Ak. Pada kesempatan tersebut, Wulan menjelaskan sekaligus mengajak praktik langsung membuat pembukuan yang baik untuk usaha toko santri di pondok pesantren. Selain itu, kedua narasumber tersebut juga membuat kuis-kuis menarik agar peserta bersemangat dan tidak merasa jenuh selama mengikuti jalannya kegiatan pelatihan.

Sesi terakhir adalah praktik menggunakan cash register yang difasilitasi oleh Bank Indonesia. Sesi ini juga dipandu langsung oleh Dini Lestary dan Wulan Wahyu Ningrum. Para peserta diajarkan untuk menginput barang dagangan sampai dengan mempelajari laporan keuangan yang sudah tersedia di dalam software bawaan cash register-nya. (wl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *