Wujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Mahasiswa IAIN Edukasi Masyarakat Soal Ekonomi Syari’ah

Kubu Raya – Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) IAIN Pontianak gelar Goes To School (GTS) dan Goes To Village (GTV) ke Desa Pal IX, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya. Kegiatan bertajuk ’Satukan Langkah, Majukan Ekonomi Syariah’ itu berlangsung dua hari. Dimulai 3 Maret 2021 hingga 4 Maret 2021

“Program tahunan ini merupakan program unggulan IAIN Pontianak dalam mengaplikasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Yatu pengabdian kepada masyarakat,” Kata Mardiansyah, Ketua Pelaksana KSEI Goes To School dan Goes To Village 2021, Selasa (6/3/2021).

Lebih lanjut, Mardiansyah mengatakan kegiatanya bukan pengabidan ataupun bakti sosial biasa. Karena selama dua hari, seluruh mahasiswa yang terlibat dalam kegiatan itu, melaksanakan berbagai agenda seperti silaturahim dengan masyarakat, pengenalan ekonomi islam dengan mengedepankan karakter KSEI, yaitu menekankan ukhwah, dakwah dan ilmiah.

Direktur Utama KSEI IAIN Pontianak, Baiti Jannati menyampaikan, program tersebut bukanlah program berdakwah kampus. Namun kegiatan itu bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung ke mahasiswa terjun ke masyarakat untuk mengaplikasikan pengetehuan.

“Harapannya, dengan bertahap bisa menyerap ke berbagai lapisan masyarakat,” kata Baiti Jannati.

Menurutnya, kegiatan tersebut sudah tiga tahun berturut-turut dilaksanakan. Dalam pelaksananannya, mahasiswa juga menggelar kegiatan seminar ekonomi islam bertema ‘Urgensi Transaksi Syariah untuk Pemberdayaan Ekonomo Umat’. Pembicara seminar merupakan ketua program studi ekonomi syariah Anggatia Ariza, serta para Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *