KSEI IAIN Pontianak Terjun ke Masyarakat, FoSSEI: Apresiasi Sebesar-besarnya

Kubu Rayafebi.iainptk.ac.id Kelompok Studi Ekonomi Islam (KSEI) CIES FEBI IAIN Pontianak mengadakan Goes To School (GTS) & Goes To Village (GTV) ke Desa Pal IX, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kuburaya, Kalimantan Barat.

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari (3-4/04/21) dengan mengangkat tema utama “ Satukan Langkah, Majukan Ekonomi Syariah”

Ketua Pelaksana KSEI Goes To School & Goes To Village 2021, Mardiansyah menjelaskan bahwa program tahunan ini merupakan program unggulan dari KSEI CIES FEBI IAIN Pontianak dalam mengaplikasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi yatu pengabdian kepada masyarakat.

“Bukan sekedar pengabdian ataupun bakti sosial biasa, karena selama dua hari disini kami telah melaksanakan berbagai agenda seperti silaturahim kepada masyarakat, pengenalan ekonomi islam, malam keakraban hingga training motivasi, dan yang pasti agenda yang terlaksana ini selinier dengan Karakter KSEI yaitu Ukhwah, Dakwah dan Ilmiah” ujarnya.

Merespon hal ini, Abdul Azzam Lathif Presiden FoSSEI mengapresiasi program yang dilaksanakan oleh KSEI CIES FEBI IAIN Pontianak.

“Saya sangat mengapresiasi semangat kawan-kawan dalam menjalankan program ini dan Ekonomi Syariah hari ini tidak dilihat lagi sebagai bentuk sesuatu yang ekslusif melainkan inklusif agar bagaimana edukasi secara masif bisa diterapkan ke masyarakat desa dan bisa menyentuh perangkat-perangkat daerah lainnya seperti ibu-ibu, anak-anak, dan lainnya,” jelas Lathif.

Dirut KSEI CIES juga menyampaikan pesan lewat program ini, “Adanya program ini membuat kami bukan hanya berdakwah dikampus melainkan juga langsung terjun ke masyarakat,”

“Harapannya memang tidak sekaligus tapi dengan bertahap bisa menyerap ke berbagai lapisan masyarakat dan semoga program ini selalu bisa memberikan manfaat yang nyata bagi kami pihak penyelenggara maupun siswa dan masyarakat” tutur Baiti Jannati, Direktur Utama KSEI CIES FEBI IAIN Pontianak.

Kegiatan Goes To School MA Awaludin di Desa Pal IX yang mengambil tema “Bergerak dari Hati Menuju Perubahan yang Berarti” dan dihadiri langsung Kepala Sekolah, segenap dewan guru dan Para Siswa.

Adapun rangkaian acara didalamnya adalah Sosialisi Fakultas, KSEI dan Training Motivasi menjadi acara intinya.

Usai ke Sekolah, KSEI CIES FEBI IAIN Pontianak melanjutkan acara lain yang salah satunya yakni Seminar Ekonomi Islam (04/04/21) .

Seminar Ekonomi Islam pada rangkaian Goes To Village ini mengambil tema “ Urgensi Transaksi Syariah Untuk Pemberdayaan Ekonomi Ummat” dan dihadiri oleh beberapa Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam yang mana seminar ini dibuka langsung oleh Anggatia Ariza, M.E., Ketua Program Studi Ekonomi Syariah.

Adapun Seminar yang diadakan di Masjid Nurul Islam ini menggaet dua pemateri sekaligus yakni Widyawati S.E sebagai pemateri pertama berasal Pegadaian Syariah Cabang Pontianak yang membahas langsung perihal transaksi syariah di pegadaian syariah dan pemateri kedua yang merupakan dosen IAIN Pontianak yang membahas secara umum ekonomi islam, Syamratun NurJannah S.Ei., M.S.I.

“Kegiatan yang telah dilakukan selama 3 tahun berturut-turut oleh KSEI CIES ini merupakan tindakan nyata dari mahasiswa untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait ekonomi islam itu sendiri dan harapan kedepannya semoga bisa diperluas lagi syi’arnya dalam bidang ekonomi ini bisa dan mengangkat tema-tema yang menarik lagi. Tentunya FoSSEI Kalbarteng sangat mensupport agenda yang sangat bermanfaat seperti ini” pungkas Ocky Novianto,  Sekretaris Jendral FoSSEI Kalbarteng.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *