Persiapan Tim Akreditasi Prodi Akuntansi Syariah dan Manajemen Bisnis Syariah Memasuki Tahap Akhir

PONTIANAK – Dua Program Studi (Prodi) di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak sedang dalam proses pengajuan akreditasi. Dua Prodi tersebut antara lain: Akuntansi Syariah dan Manajemen Bisnis Syariah. Karena kedua Prodi tersebut baru beroperasional pada pertengahan tahun 2017. Kedua prodi ini merupakan prodi pertama yang mengajukan borang dengan kriteria 9 di IAIN Pontianak.

Menurut Aulia Azimi, S.E.,M.E selaku Ketua Prodi Akuntansi Syariah proses akreditasi ini dimulai sejak bulan Maret 2020. Namun, pandemi covid-19 menyebabkan proses pencarian dan penginputan data akreditasi sedikit terhambat.
“Proses akreditasi Prodi Akuntansi Syariah dimulai bulan Maret dan submit pada tanggal 1 Agustus 2020. Rentang waktunya memang agak lama karena kita terhambat saat pandemi covid-19 yang mengharuskan untuk work from home”, paparnya.

Sementara itu, Ketua Prodi Manajemen Bisnis Syariah Zarkasi, SE.I,M.E menuturkan bahwa ada sembilan kriteria dalam pengisian borang akreditasi dengan kriteria 9, yaitu: 1)Visi, misi, tujuan, dan strategi, 2)Tata pamong, taa kelola, dana kerjasama, 3)Mahasiswa, 4)Sumber daya manusia, 5)Keuangan, sarana, dan prasarana, 6)Pendidikan, 7)Penelitian, 8)Pengabdian kepada masyarakat, 9)Luaran dan capaian Tridharma.
“Kami sudah berusaha semaksimal mungkin dalam pengajuan akreditasi ini dan berharap hasil yang didapat juga bisa maksimal. Dimana ada 9 kriteria dalam borang akreditasi yang harus kita lengkapi dan masing-masing tim terdiri dari 9 orang”, ungkapnya.

Selain itu, menurut Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan, Kelembagaan dan Kerjasama FEBI Yulia, SE.I.,M.Ag menjelaskan bahwa proses submit 9 kriteria borang akreditasi ke BAN-PT telah berhasil dilakukan oleh tim akreditasi prodi Akuntansi Syariah dan Manajemen Bisnis Syariah pada hari Sabtu (01/08/20).
“Proses submit 9 kriteria borang akreditasi sudah selesai dilaksanakan oleh kedua tim akreditasi (Akuntansi Syariah dan Manajemen Bisnis Syariah) dan didukung oleh pihak LPM kita (IAIN Pontianak) Dr. Muhammad Edi Kurnanto, M.Pd dan Muhammad Hajianto, serta Wakil Rektor I Dr. Firdaus Achmad, M. Hum. Sekarang tinggal menunggu proses Assesmen Lapangan (AL) daring dari BAN-PT. Kita semua berharap hasil yang terbaik”, ujarnya.

Sesuai dengan Surat Keputusan Rektor No. 304 Tahun 2020 tentang Tim penyusun borang akreditasi untuk Prodi Akuntansi Syariah terdiri dari: Dr.H. Fachrurazi, MM, Verdianti, SE, M.Sc.Ak., Aulia Azimi, ME., Sabirin, M.Ak., Musa Amin, MT., Pratiwi Kurniati, M.Ak., Kristina Yunita, SE.,M.Si.Ak,CA., Rahmawati, A.Md., dan Ali Fauzi, S.Pd.I. Kemudian Surat Keputusan Rektor No. 305 Tahun 2020 tentang Tim penyusun borang akreditasi untuk Prodi Manajemen Bisnis Syariah terdiri dari: Dr.H. Fachrurazi, MM, Yulia, SE.I.,M.Ag, Zarkasi, ME., Ita Nurcholifah, MM., Ari Widiati, MM., Nur Atiqah, MM., Dr. Erna Listiana, SE, M.Si., Ilhamdi, M.Si., Eko Budi Prayitno, S.Pd.I.

Penulis : Monica Olivia
Editor : Yulia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *