Sidang Skripsi Online Pertama di FEBI

PONTIANAK – Dalam rangka menerapkan physical distancing untuk mencegah penyebaran pandemi covid-19, sidang skripsi mahasiswa atas nama Eva Dwi Lestari Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Pontianak diadakan secara online dengan menggunakan aplikasi zoom meeting, pada Senin 06/04/2020.

Sidang online dilaksanakan sesuai jadwal yaitu pukul 13.00 dan berjalan lancar tanpa kendala. Bertindak sebagai Ketua Sidang Dr. H. Dwi Surya Atmadja, MA Sekretaris Sidang Rianda Hanis, SEI., ME Penguji Pertama Fathan Mun’in, MA dan Penguji Kedua Syamratun Nurjannah, SEI., M.S.I.

Hal ini dibenarkan oleh Syamratun Nurjannah, SEI., M.S.I selaku penguji kedua dalam sidang ini. Menurut beliau sidang skripsi yang bersifat online ini sangat praktis dan memudahkan disaat kondisi work from home seperti sekarang ini.
“Lebih praktis karena sidang skripsinya bisa dilakukan dari rumah masing-masing dan kebetulan signal lancar, jadi tidak ada kendala sama sekali saat tanya jawab dalam sidang”, ujarnya.

Selain itu, menurut Maryatul Kibtiyah selaku Kasubbag Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni FEBI IAIN Pontianak kendala dalam pelaksanaan sidang online ini hanya bersifat teknis.

“Untuk saat ini kendala hanya soal teknis saja. Pertama, kami harus sosialisasi tentang aplikasi yang digunakan dan bagaimana cara penggunaannya. Kedua, ada beberapa mahasiswa yang di tinggal jauh dari kota sehingga jaringan internet tidak lancar saat pelaksanaan sidang online”, katanya.

Sementara itu, Eva Dwi Lestari mengungkapkan rasa syukurnya karena telah melewati sidang skripsi online dengan lancar dan berhasil lulus dengan nilai A.

“Alhamdulillah, dengan menggunakan aplikasi zoom meeting, proses sidang online saya berjalan lancar dan hasilnya sangat memuaskan”, ungkapnya.

Selanjutnya, ia berharap kedepannya IAIN Pontianak khususnya FEBI dapat terus mengembangkan fasilitas kegiatan perkuliahan dan sidang skripsi online yang lebih baik lagi. (monica)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *