FEBI GELAR KELAS EDUKASI PASAR MODAL SYARIAH

PONTIANAK- Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Pontianak bekerjasama dengan MNC Sekuritas Cabang Kalimantan Barat menggelar Kelas Edukasi Pasar Modal Syariah di Laboratorium Galeri Investasi dan Pasar Modal Syariah FEBI IAIN Pontianak, Tower B (Building of FEBI) Ruang G109 Lantai 1 pada hari Senin (02/12/2019).

Kelas Edukasi Pasar Modal Syariah ini diadakan selama 5 hari dari tanggal 2 – 6 Desember 2019. Kelas ini sebagai salah satu sarana untuk memperkenalkan mahasiswa tentang Investasi syariah di Pasar modal. Mahasiswa akan memiliki pengetahuan dan pengalaman sejak kuliah tentang cara berinvestasi di pasar modal syariah, tidak hanya di edukasi secara teori namun juga pratiknya.
Dalam kesempatan kelas edukasi tersebut hadir pengajar dari perusahaan MNC sekuritas yaitu Habibi. Peserta yang mengikuti kegiatan ini ada 5 (lima) kelas yang terdiri dari mahasiswa semester 5 (lima) Program Studi (Prodi) Perbankan Syariah dan Ekonomi Syariah. Di akhir kelas mahasiswa juga diarahkan untuk membuka akun RDN (Rekening Dana Nasabah), pembukaan akun ini dimaksudkan untuk memudahkan mahasiswa menjadi investor dalam membeli produk-produk pasar modal syariah.

Salah satu dosen yang memanfaatkan kelas edukasi pasar modal syariah ini adalah Ain Rahmi, MEI beliau berpendapat bahwa kelas edukasi Pasar Modal Syariah ini sangat membantu kegiatan belajar mengajar dikelas yang diampunya, karena mahasiswa dapat mempraktekkan teori yang sudah dibahas sebelumnya melalui Kelas Edukasi Pasar Modal Syariah ini.

“Saya merasa terbantu dengan adanya kelas edukasi pasar modal syariah, karena di kelas ini mahasiswa dilatih keahliannya dalam dunia investasi, sehingga mereka dapat terhindar dari tindak penipuan dalam investasi bodong. Dimana mereka sudah bisa memilah dan memilih saham mana yang menguntungkan ataupun merugikan dimasa yang akan datang”, ujar dosen yang mengampu mata kuliah Manajemen Investasi di Prodi Ekonomi Syariah dan mata kuliah Manajemen Investasi dan Portofolio di Prodi Perbankan Syariah

Kelas Edukasi Pasar Modal Syariah ini pun akan disiapkan untuk mata kuliah lainnya yang berhubungan dengan materi investasi pasar modal syariah. Selanjutnya kelas edukasi ini juga akan terus di kembangkan dan berinovasi agar sesuai dengan perkembangan era digitalisasi. Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan akreditasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pontianak. (pratiwi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *