Studium Generale FEBI Hadirkan Tuan Guru Bajang, Rektor Syarif: Jadilah Mahasiswa Berakhlak Mulia

Pontianak (iainptk.ac.id)— Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Pontianak menggelar kegiatan Studium Generale, Jum’at (1/11/2019) di Aula Syeikh Abdul Rani Mahmud. Menghadirkan dua pembicara nasional, Dr. TGB M Zainul Majdi, saat ini menjabat sebagai Ketua OIAA Cabang Indonesia dan Dr. Misnen Ardiansyah, SE. M.SI, AK.CAAK dosen UIN Sunan Kalijaga. Tema yang diusung “ Pasar Syariah, Peluang dan Tantangan”.

Rektor IAIN Pontianak Dr. Syarif mengingatkan kepada mahasiswa yang hadir untuk menjadi mahasiswa yang berakhlak mulia. Menjaga lisan dengan menata kata-kata dalam berucap. “Mahasiswa diharapkan membentuk akademisi ulung dan berakhlak mulia. Mandiri, bermanfaat bagi bangsa dan kemanusiaan. Mahasiswa harus memiliki sikap mandiri yang berbasis akhlakul karimah. Hal itu yang akan membuat mahasiswa diterima di masyarakat. Kalau akhlak tidak mulia, hidup tidak akan bermanfaat. Banyak orang pintar, tapi tidak laku di masyarakat karena tindak dan katanya tidak tertata. Kebaikan itu yang semua orang pasti suka, seperti kejujuran dan keadilan. Begitu pula sebaliknya” ujar rektor.

Lebih lanjut Rektor Syarif menegaskan, “Mahasiswa sebagai sel inti anak bangsa, harus punya andil dengan menambah ilmu pengetahuan. Teladanilah Nabi Muhammad Rosulullah, yang tidak sekolah tetapi bisa diterima oleh kawan dan lawan. Disegani lawan. Disayangi kawan. Karena tindak kata-katanya tertata. Semua yang keluar dari lisan banyak disukai oleh orang, baik yang satu haluan maupun yang tidak sehaluan” imbuhnya.

“Studium general pasar syariah, peluang dan tantangan” dibagi dalam beberapa sub tema; Disrupsi generasi qur’ani di era milenial; Tantangan, perkembangan dan peluang pasar syariah di era revolusi industry 4.0; dan Prospek UMKM dalam perkembangan pasar syariah di Indonesia.

Kegiatan studium general juga rangkaian Gebyar FEBI dan Temu Kangen Alumni Fakultas syariah dan ekonomi angkatan 1997 -2015 di masa STAIN hingga IAIN Pontianak.

Dekan FEBI Dr. Fahrurrazi menyampaikan, “Mahasiswa memiliki kreatifitas, dan terus beradaptasi dalam laju pertumbuhan dunia usaha. Maka dengan tidak hadirnya buku dengan berbagai kesibukan para pengusaha, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam akan menghadirkan para mahasiswa untuk mampu, bisa, mau untuk berubah. Mahasiswa FEBI bisa bersinergi dengan perkembangan dunia usaha. IAIN hadir bersama, maju bersama untuk mencapai dan mewujudkan peluang usaha” paparnya.

Terlihat hadir dalam acara itu Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga Dr. Firdaus Achmad; Wakil Rektor Bdang Administrasi, Umum, Perencanaan dan Keuangan Dr. Saifuddin Herlambang; Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Dr. Abdul Mukti, dan para Kepala dan Sekretaris Program Studi di lingkungan FEBI.

Penulis: Abdullah
Editor: Aspari Ismail

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *