FEBI IAIN Menuju Kampus Bisnis Digital

FAKULTAS Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Pontianak selenggarakan Festival FEBI dari 1-3 November 2019 di IAIN Pontianak.

Fetival ini dimulai dengan acara Studium Generale yang bertempat di Aula Syekh A. Rani Mahmud, Jumat (1/11). Dilanjutkan dengan Pentas Minat dan Bakat yang didalamnya ada berbagai perlombaan serta pemilihan duta FEBI. Selain itu di festival ini juga menyediakan Expo Inkubator Bisnis FEBI IAIN Pontianak yang diisi oleh produk-produk usaha milik mahasiswa.

FEBI sendiri sebenarnya adalah fakultas baru di IAIN Pontianak. Fakultas ini baru berumur 10 bulan sejak pissah dari Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam awal januari lalu. Di dalamnya ada 4 prodi yaitu Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Manajemen Binis Syariah dan Akuntansi Syariah.

Fachrurrazi selaku Dekan Pertama FEBI mengungkapkan diselenggarakannya festival ini sebagai pemicu mahasiswa dan dosen agar terjadi peningkatan kompetensi dan attitude sehingga tercipta paradigma dalam dunia kerja dan dalam dunia usaha.

“Kita siapkan tempatnya untuk meningkatkan kompetensi, kemudian attitudenya supaya berkarakter,” kata Fachrurrazi, ia adalah Dekan FEBI per Januari 2019 lalu.

Namun yang utama bagi Fachrurrazi, FEBI sebagai fakultas yang masih baru, festival ini bisa menjadi langkah awal proses transformasi dari cara konvensional menuju kampus yang berbasis teknologi. Lebih jauh, mahasiswa yang masuk ke dalam fakultas ini akan disiapkan menjadi seorang yang siap di dunia kerja dan dunia bisnis yang berbasis teknologi digital.

“Fakultas ini memilki pandangan, yang masuk ke fakultas ini adalah generasi Z, oleh sebab itu semua komponen yang ada harus bersinergi dan bermetamorfosis dengan futuristic expectation-nya. Untuk menyiapkan mahasiswa dan dosen yang mampu beradaptasi dengan disrupsi Revolusi 4.0,” ia menjelaskan.

Untuk mencapai itu, Dekan lulusan Pondok Modern Gontor ini tengah menyiapkan berbagai sarana dan prasarana. Termasuk kerjasama dengan berbagai pemerintah daerah agar mahasiswanya tidak kaget saat kembali ke masyarakat.

“Kita bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya untuk desa mandiri syariah, selain itu kita juga bekerjasama dengan pemerintah kota Pontianak untuk kelurahan syariah. 27 dari 29 sudah kerjasama dengan FEBI.” ia menjelaskan.(adi)

Sumber: https://pontianakpost.co.id/febi-iain-menuju-kampus-bisnis-digital/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *