FEBI Gelar Praktikum Akuntansi Keuangan dan Perpajakan Terkomputerisasi

PONTIANAK – Prodi Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Pontianak bekerjasama dengan Kanwil DJP Kalbar dan AR KPP Pontianak Barat mengadakan Praktikum Akuntansi Keuangan dan Perpajakan Terkomputerisasi dengan tema “Profesionalisme Bidang Keuangan dan Perpajakan Bagi Generasi 4.0” pada hari Sabtu (14/09/2019) di Aula Rektorat IAIN Pontianak Lantai 4.

Acara pembukaan praktikum ini diresmikan langsung oleh Dekan FEBI IAIN Pontianak Dr. H. Fachrurrazi, MM. Dalam pidato pembukaannya beliau menyampaikan bahwa informasi dan data adalah kunci yang bisa dijadikan alat ukur dalam ilmu Akuntansi perpajakan. Beliau juga berharap kedepannya IAIN Pontianak khususnya FEBI dapat berakselerasi dengan Dirjen Pajak untuk edukasi dan sosialisasi tentang pajak.

“Setelah kegiatan ini digelar, saya harap FEBI dan Dirjen Pajak dapat berakselerasi untuk saling bersinergi, agar mendukung slogan orang beriman bayar zakat dan orang bijak taat pajak”, ujar Fachrurrazi.

Sementara itu, perwakilan dari Kanwil DJP Kalbar Harsoyo, SE.,Ak.,MM menyampaikan bahwa kemajuan teknologi menyebabkan adanya regulasi dan reformasi dalam institusi pajak.

“Perkembangan dan kemajuan teknologi di Indonesia telah berimbas pada perubahan regulasi pajak. Oleh karena itu, setiap individu harus siap menghadapi perkembangan zaman dengan berusaha menciptakan pekerjaan bukan mencari pekerjaan”, katanya.

Salah satu mahasiswa yang antusias terhadap praktikum ini, Metayana Taufani Sitohang mengaku sangat senang bisa berpartisipasi dalam kegiatan ini karena banyak sekali ilmu yang akan mereka dapatkan dalam praktikum antara lain peraturan-peraturan pajak, pembahasan mengenai kasus-kasus perpajakan dan perhitungan pajak, serta komputerisasi dalam pengisian SPT pajak.

“Praktikum perpajakkan ini memberikan pelatihan bagi mahasiswa mengenai perhitungan aspek-aspek perpajakan, pengisian SPT pajak, pembahasan kasus-kasus di masyarakat seperti pajak penghasilan, pajak bumi dan bangunan, serta ketentuan-ketentuan wajib pajak dan manfaat pajak yang akan dirasakan oleh masyarakat”, katanya.

Kegiatan ini diikuti oleh 80 orang mahasiswa Prodi Akuntansi Syariah Semester 5 dan diisi oleh 2 pemateri, antara lain: Harsoyo, SE.,Ak.,MM dan Achmad Maulana, SE. Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan tanggal 14-19 September 2019. Diharapkan seluruh mahasiswa dapat fokus mengikuti kegiatan Praktikum Akuntansi Keuangan dan Perpajakan Terkomputerisasi ini, agar lulus ujian praktikum dengan nilai maksimal. (mot)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *