FEBI Rumuskan Arah Penelitian Mahasiswa

PONTIANAK – Pertemuan yang beragendakan untuk merumuskan arah penelitian skripsi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Pontianak ini diadakan pada Rabu, 31 Juli 2019 bertempat di Gedung Rektorat Lantai 1 IAIN Pontianak.

Pertemuan ini dihadiri oleh Fachrurrazi selaku Dekan FEBI, Luqman selaku Wakil Dekan I, Dwi Surya Atmaja selaku pemateri (dosen senior FEBI dan pakar penelitian), serta para Ketua dan Sekretaris Program Studi (Prodi) Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Akuntansi Syariah, dan Manajemen Bisnis Syariah.

Menurut Dwi Surya Atmaja selaku pemateri, memaparkan bahwa arah penelitian/skripsi mahasiswa harus di rumuskan kedalam kurikulum FEBI agar tidak terjadi tumpang-tindih.
“Setiap prodi harus memiliki target tema penelitian yang memiliki filosofi ilmu dari masing – masing prodi. Kemudian target-target ini dirumuskan ke dalam kurikulum fakultas, agar mudah dipahami oleh mahasiswa”, ujar Dwi.

Sementara itu, Dekan FEBI IAIN Pontianak, Fachrurrazi mengatakan keinginannya agar dibuat alur/bagan tentang tahapan – tahapan penulisan skripsi. Sehingga mahasiswa mengerti proses penelitian, dari awal (penentuan judul), hingga akhir (sidang skripsi).
“Dengan adanya alur proses penelitian ini, diharapkan dapat memperjelas dan mempermudah mahasiswa agar mempersingkat waktu penelitiannya sehingga target jumlah penelitian masing- masing prodi tercapai”, kata fachrurrazi.

Pertemuan ini menghasilkan rumusan arah penelitian skripsi mahasiswa FEBI IAIN Pontianak. Arah penelitian pada Prodi Ekonomi Syariah mengutamakan pokok bahasan tentang makro dan mikro ekonomi, serta aktivitas ekonomi, Prodi Perbankan Syariah fokus pada dunia perbankan dalam multi disiplin ilmu, Prodi Akuntansi Syariah menitikberatkan pembahasan dalam bidang pelaporan keuangan, sistem akuntansi keuangan, dan audit laporan keuangan, sedangkan Prodi Manajemen Bisnis Syariah lebih mengutamakan pada penerapan/pengaplikasian ilmu manajerial dalam berbagai bidang. (mot)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *