Ujian Akhir Praktikum Keterampilan Investasi Pasar Modal Syariah

PONTIANAK – Program Studi (Prodi) Akuntansi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Pontianak bekerjasama dengan Bursa Efek Indonesia (BEI) Kantor Perwakilan Kalimantan Barat dan MNC Sekuritas Cabang Kalimantan Barat mengadakan kegiatan Ujian Akhir Praktikum Keterampilan Investasi Pasar Modal Syariah yang dilaksanakan pada 30 Juli 2019 bertempat di BEI Kantor Perwakilan Kalimantan Barat.

Sebanyak 80 mahasiswa Prodi Akuntansi Syariah semester 4 mengikuti kegiatan yang berlangsung selama delapan hari sejak 22-30 Juli 2019. Kegiatan Ujian Akhir Praktikum Keterampilan Investasi Pasar Modal Syariah ini menandakan bahwa kegiatan praktikum sudah selesai dilaksanakan.

Salah satu mahasiswa Prodi Akuntansi Syariah, Makmur mengungkapkan perasaannya bahwa ia sangat senang mengikuti kegiatan ini. Hal ini dikarenakan ilmu yang didapat dari kegiatan tersebut bisa menunjang kehidupannya di masa depan. Berinvestasi di pasar modal syariah merupakan solusi untuk memperoleh penghasilan yang halal tanpa harus menguras banyak tenaga dan membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk kuliah sambil bekerja.
“Berinvestasi bukanlah judi seperti pendapat beberapa orang. Kegiatan investasi di pasar modal syariah ini, justru membuka peluang kerja bagi mahasiswa sambil menunggu wisuda dan bisa dilanjutkan setelah selesai kuliah”, ungkapnya.

Selain itu, lanjut dia, hasil dari kegiatan praktikum ini adalah mahasiswa sudah mampu menganalisa portofolio saham dan membaca grafik saham sehingga tidak salah langkah dalam bertransaksi di pasar modal.
“Setelah mengikuti praktikum ini saya bisa menganalisa saham sebuah perusahaan secara fundamental dan teknikal bukan hanya sekedar jual beli saham saja”, katanya.

Hal yang sama juga dirasakan oleh Metayana Taufani Sitohang, menurutnya dalam praktikum ini mereka mendapatkan penjabaran tentang kehalalan berinvestasi di Pasar Modal Syariah yang ditunjang dengan peraturan – peraturan dan ketentuan syariat di Pasar Modal Syariah yang merupakan Fatwa DSN – MUI. Sehingga tidak ada keraguan lagi untuk melakukan transaksi dan berinvestasi di Pasar Modal Syariah.
“Praktikum ini menjawab pertanyaan saya tentang kehalalan berinvestasi di pasar modal. Kami juga sudah diajarkan untuk jual – beli saham, jadi selain dapat ilmu, kami juga sudah mendapatkan keuntungan (selisih dari harga beli dan harga jual saham) dari kegiatan ini” ujarnya.

Menurut Taufan Febiola selaku Kepala BEI Kantor Perwakilan Kalimantan Barat, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Memorandum Of Agreement (MOA) yang sudah disepakati antara FEBI IAIN Pontianak dengan BEI Kantor Perwakilan Kalimantan Barat pada saat peresmian Galeri Investasi Syariah di FEBI DAN PASCASARJANA IAIN Pontianak, yang dilaksanakan pada 29 April 2019 lalu.
“Dalam waktu dekat Program Studi Perbankan Syariah FEBI IAIN Pontianak rencananya akan melaksanakan praktikum serupa. Saya harap akan ada prodi – prodi lain yang menyusul untuk melaksanakan kegiatan praktikum seperti ini, demi mendukung pengembangan dunia investasi di Pasar Modal Syariah”, pungkasnya. (mot)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *