KEGIATAN PRAKTIKUM DASAR QIRA’AH FEBI RESMI DIBUKA


PONTIANAK – Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Pontianak bekerjasama dengan 23 Pondok Pesantren di wilayah Pontianak dan sekitarnya mengadakan acara Silaturahmi dan Pembekalan Praktikum Dasar Qira’ah di Masjid K.H. Abdul Rani Mahmud IAIN Pontianak, Sabtu 22 Juni 2019.

Pondok pesantren yang ikut ambil bagian dalam kegiatan ini antara lain: Pondok Pesanteren Hidayati Mubtadi’in, Pondok Pesantren Nahdlatul Atfal, Ma’had Al-Jami’ah IAIN Pontianak, Pondok Pesantren Al-Husna, Asrama Pendidikan Tafizhul Quran, Pondok Pesantren Assalam, Pondok Pesantren Mambaus Shafa, Pondok Pesantren Al-Hasani, Pondok Pesantren Darussalam, Pondok Pesantren Harunniyah, Pondok Pesantren Hidayatul Muhsinin, Pondok Pesantren Darul Falah, Pondok Pesantren Al-Mujtahid, Pondok Pesantren Darun Naim Putra, Pondok Pesantren Husnul Yakin, Pondok Pesantren Al-Barry, Pondok Pesantren Al-Aziz, Pondok Pesantren Al-Asyariah Salafiyah, Ma’had Murrotal Al-Qur’an, Darul Qur’an Al-Haramain, Bina’ul Quran, Pondok Pesantren El-Amany, dan Tahfizhul Quran Mahyajatul Quro.

Kegiatan ini dihadiri oleh Dekan, Wadek I, Wadek II, Seluruh Kaprodi dan Sekprodi, para Ustadz dan Ustadzah perwakilan masing-masing Pondok Pesantren, serta 470 peserta yang akan mengikuti Praktikum Dasar Qira’ah. Para peserta merupakan mahasiswa semester dua dari empat Prodi FEBI antara lain Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Akuntansi Syariah, dan Manajemen Bisnis Syariah.

Menurut Luqman selaku Wadek I dan Ketua Panitia kegiatan, Praktikum Dasar Qira’ah ini rencananya akan dilaksanakan dari tanggal 22 Juni – 10 Agustus 2019. Beliau berharap setelah kegiatan ini dilaksanakan mahasiswa FEBI IAIN Pontianak tidak ada lagi yang tidak bisa mengaji.
“Harapan saya setelah kegiatan ini, mahasiswa yang tidak bisa mengaji jadi bisa mengaji, yang sudah lancar mengaji bisa menghafal Al-qur’an, dan yang sudah hafal Al-qur’an terus mengulang hafalannya dan bisa mengajarkan mengaji kepada yang belum lancar” ujar Luqman.

Sementara itu, H. Fachrurrazi selaku Dekan FEBI IAIN Pontianak dalam pidato pembukaan sekaligus peresmian kegiatan praktikum ini menuturkan bahwa beliau bercita-cita kedepannya seluruh staf, dosen, dan mahasiswa FEBI IAIN Pontianak setiap harinya melantunkan ayat suci Al-Qur’an sebelum memulai aktifitas.
“Saya ingin nantinya setiap ruang di gedung FEBI IAIN Pontianak terdengar lantunan ayat-ayat suci Al-Quran, sehingga semua aktifitas kita diberkahi Allah SWT” tutur beliau.

Selain itu, lanjut dia, target kedepan FEBI untuk kegiatan Praktikum Dasar Qira’ah ini akan dilaksanakan selama satu semester. Karena kegiatan ini dinilai memiliki segudang manfaat antara lain dapat mendukung terelisasinya slogan FEBI Fast Speed yaitu: Fathonah, Amanah, Siddiq, dan Tabligh, serta 5 Soul Of FEBI yaitu: Religious, Personality, Integrity, Visionary, dan Professional.
“Tujuan kegiatan ini bukan hanya bersifat duniawi semata, namun juga memiliki manfaat untuk akhirat. Dimana hal ini juga akan mendukung terwujudnya FEBI Fast Speed dan 5 Soul of FEBI” kata Fachrurrazi.

Kegiatan ini ditutup dengan penandatanganan MOU (Memorandum of Understanding) antara FEBI IAIN Pontianak dengan 23 Pondok Pesantren yang akan bekerjasama dalam kegiatan Praktikum Dasar Qira’ah ini. (mot)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *