155 MAHASISWA PRODI EKONOMI SYARIAH FEBI IAIN PONTIANAK SIAP IKUT PKL

PONTIANAK – Pembekalan dan Penyerahan Praktek Kerja Lapangan (PKL) program studi Ekonomi Syariah dengan tema “Membentuk Pribadi Mahasiswa yang Mandiri, Profesional dan Visioner” yang dilaksanakan di Aula Rektorat lantai 4 IAIN Pontianak pada Selasa, 18 Juni 2019.

Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama FEBI IAIN Pontianak dengan Unggul Education dan diikuti oleh 155 mahasiswa yang akan mempersiapkan diri untuk mengikuti PKL.

Pada pidato pembukaan kegiatan ini yang disampaikan oleh Luqman selaku Wadek I, beliau menyampaikan bahwa adanya perubahan orientasi PKL pada tahun ajaran 2018/2019 ini dengan tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan FEBI IAIN Pontianak berharap para alumninya tidak hanya fokus mengincar lapangan kerja sebagai Pegawai Negeri Sipil saja, namun mampu menciptakan lapangan kerja sendiri sehingga menjadi pribadi yang bermanfaat tidak hanya untuk diri sendiri namun juga untuk masyarakat.

“Kami berharap para alumni FEBI IAIN Pontianak ini tidak menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil), tapi menjadi pribadi yang mandiri, professional, dan visioner, sehingga bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri, menggaji diri sendiri dan karyawannya”, kata Luqman.

Selain itu, lanjut dia, diharapkan pengalaman kerja pada saat PKL ini menjadi modal awal bagi mahasiswa untuk era globalisasi saat ini agar tidak menjadi pengangguran. Sehingga mahasiswa sudah bisa merencanakan masa depannya mulai dari sekarang. Karena di era globalisasi para alumni ini akan bersaing dengan tenaga kerja asing dalam mencari pekerjaan.
“Semoga pengalaman PKL ini menjadi bekal dan memberikan inspirasi bagi mahasiswa FEBi agar mampu bersaing dengan tenaga kerja asing sehingga kita bisa menjadi tuan rumah di negeri sendiri dalam dunia pekerjaan” ujar beliau.

Sementara itu, Kaprodi Ekonomi Syariah, Anggatia Ariza menuturkan bahwa kegiatan PKL ini diharapkan dapat memberikan gambaran tentang dunia pekerjaan dan memunculkan ide-ide kreatif mahasiswa untuk menciptakan bidang usaha baru. Sehingga setelah lulus kuliah mahasiswa sudah punya rencana kerja.
“Dengan adanya kegiatan PKL ini, saya harap pemahaman mahasiswa tentang dunia kerja lebih luas, sehingga ketika lulus kuliah mereka sudah tahu dunia usaha apa yang diminati” tutur wanita yang kerap disapa Tia ini.

Kegiatan PKL ini rencananya akan dilaksanakan dari tanggal 19 Juni – 11 Juli 2019. 155 mahasiswa prodi Ekonomi Syariah ini akan disebar ke beberapa instansi dan perusahaan antara lain BPJS Ketenagakerjaan, Pelindo, PT Pegadaian Syariah, Kopsyah Mitra Masyarakat, Lazismu, PT. Vina Damai Indah Properti, PTPN XIII, BMT Mujahidin, Makaroni Long Sikal, Aksi Alam Lestari, LAZ Rumah Zakat, Land Craf by Me and Fren, Juragan Donat, Rosela Laundry, Keripik Mak Ros, Tanjak, Lidah Buaya, Roti Cikpan, PT Putra Kalma Raya, PT Ihya Tour dan Travel, PT Tazakka Tour dan Travel, Hokie Pet Shop, PT Muzdalifah Tour dan Travel, Teens Snack, Kripik Pisang Karamel, Terminal MAS Packaging, Kopsyah Mitra Masyarakat Cab. Ambawang, Kopsyah MM Cab. Sui Rengas, Hotel Mercure, Hotel Neo, Hotel Aston, PT. Mansur Raya Properti, PT.Mika Raya Perkasa, dan Quickwash Laundry.

Kegiatan PKL ini diharapkan memberikan kesempatan kepada mahasiswa prodi Ekonomi Syariah IAIN Pontianak untuk mempraktekkan ilmu pengetahuannya di dunia kerja. Selain itu, kegiatan ini juga dapat memberikan motivasi kepada mahasiswa agar memacu semangatnya untuk lebih produktif, kreatif, dan berdaya saing tinggi sehingga mereka siap untuk memasuki dunia kerja pada era globalisasi di masa mendatang.

Kegiatan ini dilanjutkan dengan penyampaian materi pembekalan PKL oleh Dian Patria selaku Pimpinan Unggul Education dan ditutup dengan pelepasan mahasiswa PKL secara simbolis oleh Fachrurrazi selaku Dekan FEBI IAIN Pontianak. (mot)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *