FEBI IAIN PONTIANAK GELAR PESANTREN RAMADHAN

FEBI IAIN Pontianak menggelar kegiatan yang bertajuk Pesantren Ramadhan Pasar Modal Syariah di Aula Rektorat Lantai 4 pada Jum’at 10 Mei 2019. Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama FEBI IAIN Pontianak dengan IDX Kalimantan Barat dan MNC Sekuritas Kalimantan Barat.
Pesantren Ramadhan Pasar Modal Syariah ini merupakan lanjutan dari kegiatan sebelumnya yaitu Ngaji Pasar Modal Syariah yang telah diadakan sebanyak empat kali. Kegiatan Pesantren Pasar Modal Syariah ini sendiri rencananya akan dilaksanakan sebanyak tujuh kali selama bulan suci Ramadhan 1440 H.

pidato pembukaan yang disampaikan oleh Wakil Dekan I FEBI IAIN Pontianak, Luqman Hakim mengatakan bahwa target FEBI IAIN Pontianak dalam kegiatan ini adalah agar seluruh mahasiswanya memahami tentang pasar modal syariah. Karena salah satu kendala pada perkembangan pasar modal syariah di Indonesia adalah kurangnya literasi dan pemahaman mengenai pasar modal syariah di masyarakat.
“Ada tiga kendala dalam perkembangan pasar modal syariah yaitu pertama rendahnya literasi dan pemahaman tentang pasar modal syariah, kedua adanya keraguan dari para investor tentang halal atau tidaknya transaksi di pasar modal, dan ketiga Indonesia memiliki wilayah – wilayah yang tingkat pendidikannya masi rendah”, kata Luqman Hakim.


Sementara itu perwakilan MNC Sekuritas Kalimantan Barat, Habibi menerangkan bahwa mahasiswa sudah bisa mengakses tentang sistem transaksi pasar modal syariah dengan membuka MNC Trade New Syariah. Dimana aplikasi ini dilengkapi dengan fitur – fitur transaksi saham yang sesuai dengan kaidah – kaidah syariah dan dapat membantu nasabah dalam berinvestasi saham dengan aman dan nyaman.
“Aplikasi MNC Trade New Syariah ini membahas mengenai pertama, saham – saham yang memiliki prinsip syariah sesuai dengan daftar saham dalam Daftar Efek Syariah sehingga investasi tersebut halal. Kedua, analisa teknikal jangka pendek dan jangka panjang dari portofolio masing – masing saham. Ketiga, dalam aplikasi ini ada proteksi jika saham yang ingin dibeli ternyata tidak termasuk dalam daftar saham syariah. Keempat, ada menu tarik dana atas keuntungan dalam transaksi jual – beli saham di pasar modal. Kelima, ada ringkasan laporan keuangan dari masing – masing perusahaan, seperti riset, data –data fundamental saham, serta grafik saham perusahaan” ujar Habibi.

Kegiatan Pesantren Pasar Modal Syariah ini diharapkan dapat memperkaya ilmu pengetahuan mahasiswa mengenai pasar modal syariah dan menumbuhkan minat serta keingintahuan mahasiswa agar tertarik untuk berkecimpung di dunia pasar modal. Selain itu, mahasiswa juga bisa belajar berinvestasi sejak dini agar siap menghadapi dunia pekerjaan di masa yang akan datang. (mot)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *