PERESMIAN GALERI INVESTASI SYARIAH BEI DI FEBI DAN PASCASARJANA IAIN PONTIANAK

PONTIANAK- Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam serta Pascasarjana IAIN Pontianak bekerjasama dengan MNC Sekuritas mendirikan Galeri Investasi Syariah BEI di IAIN Pontianak pada Senin, 29 April 2019. Acara peresmian ini diadakan di Ruang Teater Gedung AUAK lantai 2 IAIN Pontianak.

Acara peresmian ini ditandai dengan penandatanganan piagam kerjasama dan pengguntingan pita oleh Rektor IAIN Pontianak Syarif, Direktur Pascasarjana IAIN Pontianak Misdah, Dekan FEBI IAIN Pontianak Fachrurrazi, Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalimantan Barat Moch. Riezki F. Purnomo, dan Kepala Divisi Pengembangan Pasar Bursa Efek Indonesia Dedy Priadi. Kemudian acara ini dilanjutkan dengan seminar pasar modal syariah yang disampaikan oleh Dedy Priadi dan Susy Meilina.

Menurut Dedy Priadi selaku Kepala Divisi Pengembangan Pasar Bursa Efek Indonesia, beliau menyatakan harapan IDX atas didirikannya Galeri Investasi Syariah BEI di IAIN Pontianak ini agar mahasiswa tidak hanya menjadi konsumen / pengguna dari produk dan jasa yang dijual oleh perusahaan – perusahaan yang terdaftar di bursa efek. Namun mahasiswa juga bisa menjadi pemilik dari saham perusahaan – perusahaan tersebut dengan membuka rekening saham syariah dan mencoba melakukan transaksi jual – beli saham syariah.
“Dengan adanya Galeri Investasi Syariah BEI di IAIN Pontianak ini, Kami berharap mahasiswa tidak hanya menjadi pengguna produk atau jasa dari perusahaan – perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek, namun juga menjadi pemilik dari saham perusahaan – perusahaan tersebut”, ujar Dedy.

Sementara itu, Direktur Utama MNC Sekuritas Susy Meilina mengatakan bahwa MNC Sekuritas sangat senang karena telah mendapatkan kesempatan untuk bekerjasama dengan IAIN Pontianak dalam mendirikan Galeri Investasi Syariah BEI ini sehingga dapat menumbuhkembangkan potensi – potensi pasar modal syariah di Kalimantan Barat, khususnya dilingkungan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Pontianak.
“Kami yakin sekali masih banyak potensi-potensi di Kalimantan Barat yang bisa digali jika kita bekerjasama dalam mengedukasi masyarakat tentang pasar modal ini,” ujarnya.

Dengan adanya Galeri Investasi Syariah BEI di FEBI dan Pascasarjana IAIN Pontianak ini, lanjut dia, diharapkan menjadi langkah awal untuk memperluas jaringan pasar modal syariah di Indonesia agar lebih maju dan berkembang.
“Saya harap dengan peresmian Galeri Investasi Syariah BEI hari ini menjadi titik balik agar kita bisa bersama-sama membesarkan pasar modal Indonesia”, kata Susy.

Hadirnya Galeri Investasi BEI IAIN Pontianak ini diharapkan mampu menjadi salah satu langkah nyata dalam pengembangan edukasi dan literasi bagi investor di Kalimantan Barat. Sebab gaya hidup berinvestasi sudah bisa dikenalkan sejak dini, sehingga dapat dimulai di tingkat perguruan tinggi.(mot)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *