NGAJI PASAR MODAL SYARIAH, AJARKAN CARI UANG

PONTIANAK – Ngaji Pasar Modal Syariah kali ini diselenggarakan untuk mahasiswa prodi Manajemen Bisnis Syariah FEBI IAIN Pontianak pada Sabtu 6 April 2019. Acara ini digelar di gedung aula Syeikh Abdul Rani Mahmud IAIN Pontianak. Kegiatan yang sudah dilaksanakan keempat kalinya ini terselenggara atas kerjasama FEBI IAIN Pontianak dengan IDX perwakilan Kalimantan Barat dan MNC Sekuritas Kalimantan Barat.

Dekan FEBI IAIN Pontianak

Pada pidato pembukaan yang disampaikan oleh Dekan FEBI IAIN Pontianak, Dr. H Fachrurrazi, S.Ag, MM mengatakan bahwa FEBI memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar berinvestasi di pasar modal syariah sehingga ada bekal ilmu dan pengalaman untuk memasuki dunia pekerjaan. “Program Ngaji Pasar Modal Syariah ini memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar menghasilkan uang, tapi mereka tidak kami didik hanya untuk menjadi kaya saja, namun juga memiliki attitude (sikap) yang berlandaskan qur’anul karimah dan mengikuti sunnah-sunnah Rasulullah SAW.”

Program ngaji pasar modal syariah ini, lanjut dia, direncanakan akan menjadi salah satu agenda kegiatan di bulan suci Ramadhan. “Kegiatan hari ini merupakan salah satu prasyarat untuk mengikuti acara Ngaji Pasar Modal Syariah di bulan Ramadhan”, ujarnya.

Perwakilan mahasiswa, Arisma Nur Awaliyah mengaku sangat senang bisa mengikuti kegiatan ini sebagai lanjutan dari acara Festival Gaya Syariah yang sudah diselenggarakan sebelumnya. Selain itu kegiatan ini juga menginspirasi mahasiswa prodi Manajemen Bisnis Syariah untuk melirik dunia pasar modal sebagai lahan pekerjaan, “kegiatan ini menginspirasi saya untuk bekerja di pasar modal, saya sudah buat akun di acara Festival Gaya Syariah beberapa bulan yang lalu, dan rencananya akan saya setor Rp 100 ribu untuk bisa bergabung dengan KSPM” ujar mahasiswa semester 4 yang juga menjabat sebagai Ketua Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) Manajemen Bisnis Syariah ini.

Sementara itu perwakilan IDX Kalimantan Barat, Ardian menyampaikan bahwa mahasiswa banyak memperoleh keuntungan dari program Ngaji Pasar Modal Syariah ini antara lain pertama setiap mahasiswa akan diberikan satu produk tabungan saham syariah secara gratis (tidak ada biaya administrasi), kedua mahasiswa berhak untuk mendapatkan bagi hasil, ketiga mahasiswa mendapatkan informasi seputar dunia bisnis investasi diseluruh dunia secara aktual, keempat mahasiswa bisa langsung membeli produk saham di pasar modal, kelima mahasiswa bisa belajar tentang laporan keuangan dari perusahaan –perusahaan yang terdaftar di bursa efek, dan yang keenam mahasiswa berkesempatan mengikuti undian umroh gratis dari program MNC Sekuritas.

Dia menerangkan, jika mahasiswa bergabung dengan Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) di galeri investasi FEBI, mahasiswa akan mendapatkan pelatihan tentang pasar modal sebanyak 12 modul. Kemudian mahasiswa mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan di pasar modal, dan berhak mengikuti program magang di industri pasar modal. “Rasio investor : broker dealers (pialang saham) di Indonesia adalah 1:73, jadi masih banyak sekali peluang bekerja di pasar modal”, kata Ardian.

Kegiatan Ngaji Pasar Modal Syariah ini diharapkan dapat memberikan ilmu pengetahuan dan pengalaman bagi mahasiswa di pasar modal, sehingga mereka siap untuk menghadapi tantangan dunia pekerjaan dimasa depan.(monica)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *